Tip Uncategorized

Kenapa Servis Di Kawasan Resmi Mahal Dan Lama

August 25, 2019

Setelah berinteraksi dengan sentra perbaikan resmi ponsel, seringkali muncul pertanyaan di benak konsumen. Mengapa biaya perbaikan di sentra perbaikan resmi lebih mahal daripada di daerah servis biasa? Mengapa proses perbaikannya lama? Mengapa ponsel yang rusak harus dikirimkan ke Jakarta?

Supaya jelas benderang, mari kita membahasnya satu per satu. Kita mulai dari yang pertama. Mengapa biaya perbaikan di sentra perbaikan resmi lebih mahal daripada di daerah servis biasa? Dalam kasus ini, anggaplah masa garansi resmi ponsel telah berakhir dan diharapkan perbaikan plus penggantian suku cadang.

Penyebab utamanya ada dua. Pertama, sparepart yang dipakai oleh sentra perbaikan resmi niscaya dalam kondisi gres dan orisinal. Di daerah servis biasa, teknisi tak segan-segan memakai sparepart bekas atau baru, tetapi bukan orisinal.

Kedua, teknisi di sentra perbaikan resmi ponsel wajib tunduk dengan mekanisme baku. Mereka dihentikan keras melanggarnya. Misalnya, yang rusak sebetulnya hanya satu komponen kecil. Kalau mekanisme baku menyatakan komponen yang rusak itu wajib diganti baru, teknisi harus mematuhinya.

Batasan serupa tidak menempel pada teknisi di daerah servis biasa alias daerah servis milik perorangan. Awalnya teknisi mungkin akan berusaha memperbaikinya. Bila gagal, teknisi mungkin melaksanakan langkah kanibal komponen dari ponsel lain. Bukan tidak mungkin pula mereka melaksanakan jumper atau semacam bypass. Yang penting ponsel dapat berfungsi lagi, meskipun tindakan itu bersama-sama mengabaikan faktor keamanan.

Mengapa proses perbaikannya lama? Panjang pendeknya antrean ponsel yang harus diperbaiki memang turut memilih cepat tidaknya proses perbaikan. Namun, hal itu bersama-sama tidak menawarkan bantuan signifikan.

Ketersediaan sparepart menjadi penyebab utama lamanya proses perbaikan ponsel. Contohnya, modul kamera ponsel Anda rusak. Stok modul kamera kebetulan habis dan harus didatangkan dari luar negeri. Alhasil, sentra perbaikan resmi mesti menanti proses impor yang mencapai hitungan bulan. Ketika sparepart telah siap, penggantian modul kamera dapat dituntaskan dalam waktu satu jam saja.

Mengapa ponsel yang rusak harus dikirimkan ke Jakarta? Tatkala mengetahui ponsel yang rusak tidak dapat diperbaiki di tempat, melainkan mesti dikirimkan ke Jakarta, tak sedikit pengguna yang kesal. Mereka mempertanyakan fungsi sentra perbaikan resmi yang beroperasi di kota daerah tinggalnya. “Apa gunanya buka service center di sini jikalau ponsel tetap harus dikirim ke Jakarta?”

Jawabannya, sentra perbaikan resmi setiap merek ponsel biasanya dibagi dalam beberapa service level. Ponsel dengan kerusakan tertentu mau tidak mau harus dikirimkan ke Jakarta. Sebab, sentra perbaikan resmi di Jakarta biasanya mempunyai service level tertinggi. Teknisi andal, peralatan yang tersedia juga paling komplet.

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)