Gawai (gadget) Lenovo Uncategorized

Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

August 19, 2019

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak, Anda harus berilmu dan cermat ketika hendak membeli ponsel. Salah pilih, wah bisa berabe. Benar, salah membeli ponsel memang tidak sepusing salah menentukan istri atau suami. Tinggal jual, kemudian beli lagi. Walaupun demikian, tetap menyesakkan dada, bukan?

Prinsip serupa berlaku untuk Lenovo Vibe P1 Turbo. Ponsel ini sedang gencar dipromosikan Lenovo Indonesia. Di bersahabat Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Tangerang, sebuah papan iklan memajang ponsel itu. Di kawasan Wonokromo, Surabaya, ada pula papan iklan ponsel yang sama. Belum lagi bahan promosi yang disebar di pusat-pusat penjualan ponsel. Pesan penulis alias HSW, hati-hati membeli Vibe P1 Turbo.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Mengapa harus hati-hati? Sebab, usai mencoba Vibe P1 Turbo, amat mungkin Anda akan menilai baterai ponsel berilmu lain ternyata boros. Ketika indikator baterai Vibe P1 Turbo masih mengatakan angka puluhan persen, eh� ponsel lain yang harganya lebih mahal justru sudah kehabisan daya.

Dalam beberapa kasus, bukan tidak mungkin terjadi kondisi yang lebih ekstrem. Misalnya, baterai ponsel lain telah di-charge dua kali dan kehabisan daya lagi. Pada ketika bersamaan, Vibe P1 Turbo sama sekali belum “berteriak” baterai lemah.

Asal tahu, Vibe P1 Turbo dibekali baterai tanam berkapasitas 5.000 mAh. Selama menguji pakai ponsel itu, HSW menyinkronkan dua akun email ke ponsel. Trafiknya sekitar 800 email per hari. WhatsApp rutin dibuka untuk mendiskusikan banyak hal, mulai dari urusan pekerjaan, pertemanan, hingga keluarga.

Sesekali HSW bertelepon, mengakses Facebook, Twitter, dan memantau aneka gosip terkini via browser Chrome. Bluetooth dibiarkan aktif dan terhubung dengan sebuah arloji pintar. Kala menemukan objek menarik atau sekadar ingin pamer makanan, kamera Vibe P1 Turbo bergegas digunakan memotret.

Dua nomor GSM siaga bersamaan. Nomor yang digunakan untuk berinternet, entah Telkomsel atau Indosat, nyaris selalu berada di jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya cuma masuk ke jaringan 2G.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Hasilnya, dengan sikap pemakaian menyerupai di atas, baterai Vibe P1 Turbo selalu bisa bertahan lebih dari sehari semalam. Anggaplah ponsel mulai HSW aktifkan kemarin pukul 06.00 pagi. Biasanya ponsel gres perlu di-charge hari ini pukul 19.00. Total durasi pemakaian berarti menembus 37 jam. Saat HSW tidur malam, ponsel sengaja dibiarkan siaga dan terhubung dengan internet.

Ketika kuantitas pemakaian HSW kebetulan sedang tinggi atau kondisi sinyal operator kurang stabil, masuk akal jika durasi ketahanan baterai Vibe P1 Turbo menurun. Namun, tetap saja ponsel sanggup siaga lebih dari sehari kok. Entah 29 jam, 30 jam, atau 32 jam.

Sampai di sini mungkin tebersit satu pertanyaan. Baterai ponsel Android 5.1 Lollipop itu berkapasitas 5.000 mAh. Berarti, waktu yang diharapkan untuk mengisi ulang hingga penuh usang dong? Bisa 5-6 jam.

Realitanya tidak selama itu. Pasalnya, Vibe P1 Turbo mendukung pengisian cepat yang oleh Lenovo dinamakan Rocket Charge. Mengacu kepada uji pakai yang dilakukan HSW, proses pengisian ulang baterai dari 10% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit saja. Kadang sedikit lebih cepat, kadang lebih lambat. Proses pengisian ulang selalu menggunakan charger yang disertakan dalam paket penjualan Vibe P1 Turbo.

Sampai di sini, dua daya tarik Vibe P1 Turbo versi HSW telah dipaparkan. Pertama, baterainya tahan lama. Kedua, baterai berkapasitas besar itu sanggup diisi ulang dengan cepat. Kurang dari dua jam.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Masih ada sederet kelebihan lain yang sanggup dirasakan pengguna Vibe P1 Turbo. Ponsel dual SIM Android 5.1 Lollipop itu dilengkapi sensor sidik jari (fingerprint sensor). Posisinya di sisi muka, sempurna di bawah layar dan menyatu dengan tombol home.

Ponsel sanggup menyimpan maksimal dua sidik jari pengguna. Sidik jari tersebut selanjutnya berfungsi sebagai password. Ketika ingin membuka layar, pengguna cukup menyentuhkan jarinya ke tombol home. Layar impulsif menyala sekaligus terbuka. Sentuhan ringan pun sudah sanggup dikenali oleh sensor sidik jari. Pengguna tak perlu hingga menekan tombol home.

Satu tip dari HSW, ketika melaksanakan perekaman sidik jari, letakkan jari dalam aneka macam posisi. Misalnya, tegak lurus, miring sedikit ke kiri-kanan, dan melintang/mendatar. Manfaat positif yang kelak sanggup dirasakan, jari tidak harus disentuhkan pada satu posisi tetap. Beragam posisi jari, asalkan masih jari yang sama, bakal sukses mengaktifkan dan membuka layar. Mudah dan kondusif deh.

Berbincang soal konektivitas, Vibe P1 Turbo tergolong komplet. Ia dibekali Wi-Fi, bluetooth, NFC, dan wireless display alias cast screen. Ponsel berdimensi fisik 75,6 x 9,9 x 152,9 milimeter dan berat 187 gram itu juga mendukung USB On-the-Go (USB OTG). Mau difungsikan sebagai power bank untuk mengisi ulang baterai ponsel lain pun bisa.

Spesifikasi lain Vibe P1 Turbo, di antaranya, prosesor 64-bit delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939 yang terdiri atas empat inti 1,5 GHz dan empat inti 1,21 GHz. Ponsel itu dibekali layar IPS 5,5 inci yang telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3. Resolusinya full HD 1.920 x 1.080 piksel. Bodi belakang ponsel terbuat dari aluminium.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Memori ponsel terdiri atas RAM 3 GB, ROM 32 GB, dan selot microSD. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, kapasitas memori internal masih tersisa 24 GB. Selot memori eksternal Vibe P1 Turbo bersifat independen, bukan hybrid atau bergantian dengan kartu SIM. Dengan begitu, pengguna sanggup menyelipkan dua kartu nano SIM dan satu keping kartu microSD secara bersamaan.

Kamera utama Vibe P1 Turbo dibekali fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sementara itu, kamera depan ponsel tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Menurut HSW, kamera menjadi titik lemah utama Vibe P1 Turbo. Kinerja kamera ponsel itu hanya pantas diberi predikat lumayan. Lumayan prima kala digunakan memotret di lokasi yang terang. Sebaliknya, tidak mengecewakan hancur ketika diajak mengabadikan objek di lokasi berpencahayaan pas-pasan. Tabu mengadu performa kamera Vibe P1 Turbo dengan Lenovo Vibe Shot. Pasti kalah telak.

Beberapa fitur lain yang tak ada salahnya dicoba pengguna mencakup ultra power saver, knock to light, micro screen, smart scene, dan secure zone. HSW akan menjelaskannya satu per satu.

Bayangkan suatu hari Anda lupa mengisi ulang baterai Vibe P1 Turbo. Sisa daya baterai tinggal 15 persen. Padahal, Anda sedang berada di jalan dan tidak ada power bank maupun colokan listrik. Buat Anda, ponsel padam sebab kehabisan baterai merupakan bencana.

Solusinya, perpanjang masa siaga ponsel dengan mengaktifkan mode ultra power saver. Caranya mudah. Di sisi kiri Vibe P1 Turbo terdapat sebuah tombol geser. Geserlah tombol ke atas. Maka, ponsel berilmu itu untuk sementara berubah fungsi menjadi feature phone tanpa kemampuan internet. Pengguna masih leluasa bertelepon dan ber-SMS. Sesampai di rumah atau kantor, kembalikan ponsel ke mode normal, kemudian lakukan pengisian ulang baterai.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Fitur knock to light alias double tap to wakeup niscaya sudah tidak abnormal lagi. Saat ponsel siaga, tetapi layar padam, pengguna cukup mengetukkan jari di layar sebanyak dua kali. Layar pun impulsif menyala.

Micro screen memungkinkan pengguna memperkecil tampilan layar sehingga ponsel lebih nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Namun, entah mengapa, selama menguji pakai Vibe P1 Turbo fitur tersebut belum pernah berhasil HSW aktifkan.

Beralih ke smart scene. Dengan mengoptimalkan fitur ini, selama rentang waktu tertentu pengaturan ponsel otomatis berubah. Contoh positif yang HSW lakukan, setiap hari pada pukul 22.00-06.00 ponsel akan silent. Ponsel hanya berbunyi jika dihubungi oleh nomor yang diberi tanda prioritas.

Pada rentang waktu yang sama, GPS selalu dipadamkan. Fitur night eye protection tak lupa diaktifkan. Sehingga, ketika HSW terjaga dari tidur dan mengecek ponsel, cahaya yang dipancarkan layar tidak terlalu menyilaukan.

Masih ada satu fitur lagi, ialah secure zone. Fitur itu bermanfaat bagi pengguna yang sering meminjamkan ponselnya kepada orang lain. Dengan secure zone Vibe P1 Turbo seolah mempunyai dua kamar: kamar langsung dan kamar umum. Data yang bersifat penting atau belakang layar sanggup disembunyikan. Peminjam ponsel takkan bisa melihatnya.

Saat HSW mengetikkan review ini di seberang stan Doner Kebab, Penyetan Cok, dan Kedai Si Mbok, harga ritel resmi Vibe P1 Turbo dipatok Rp 3,999 juta. Ponsel itu tersedia dalam tiga pilihan warna: emas (gold), abu-abu bau tanah (dark grey), dan perak (silver). Paket penjualan sudah termasuk selembar pelindung layar dan hard case transparan.

Asalkan tidak mensyaratkan kamera bagus, berdasarkan HSW, Vibe P1 Turbo sangat layak dibeli. Gawai cepat masuk usang keluar itu cocok dijadikan ponsel utama individu yang acara berponselnya tinggi sekali. Cepat masuk usang keluar? Iya. Baterai Vibe P1 Turbo kan bisa diisi dengan cepat dan usang habis.

***

Contoh foto yang dihasilkan Vibe P1 Turbo.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Mencoba lampu kilat. Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Kali ini lampu kilat diaktifkan.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Dua foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)