Operator Uncategorized

Uji Jaringan Di 10.921 Km, Telkomsel Siap Sambut Rafi

July 22, 2019

Setelah ahad kemudian mengikuti uji jaringan XL di Jogja, ahad ini (18/5) penulis alias HSW mengikuti uji jaringan bersama Telkomsel. Pengujian dilakukan dengan menumpang bus dari Surabaya ke Semarang lewat Gresik, Tuban, Rembang, Pati, Kudus, dan Demak. Pada ketika bersamaan, tiga bus seruan mengikuti uji jaringan rute Jakarta-Semarang via Cirebon, Tegal, dan Pekalongan.

Selain dilakukan di jalur pulang kampung Pulau Jawa, uji jaringan dilakukan Telkomsel di banyak sekali jalur lain. Contohnya, di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Total uji jaringan menjelang bulan rahmat dan Idulfitri 2016 menempuh jarak 10.921 kilometer. Mengacu kepada hasil uji jaringan tersebut, Telkomsel menyatakan siap melayani pelanggan selama periode Rafi (istilah Telkomsel untuk menyebut periode bulan rahmat dan Idul Fitri).

Setelah ahad kemudian mengikuti uji jaringan XL di Jogja Uji Jaringan di 10.921 km, Telkomsel Siap Sambut Rafi

Empat ponsel yang telah dilengkapi dengan aplikasi Nemo dipakai dalam uji jaringan Surabaya-Semarang. Dua di antaranya yaitu Samsung Galaxy Note 4 varian LTE yang tidak dijual resmi di Indonesia. Ada pula dua unit Nokia C5-02 yang bersistem operasi Symbian.

Pengujian dilakukan terhadap layanan data maupun panggilan telepon. Secara periodik ponsel akan mengunduh file berukuran 50 MB, baik kala berada di jaringan 4G LTE maupun 3G. Sedangkan pengujian layanan telepon alias voice call dilakukan dengan menelepon ke nomor tertentu selama dua menit, jeda 30 detik, bertelepon dua menit lagi, jeda 30 detik lagi, dan seterusnya.

Parameter lain yang dicermati yaitu area layanan, tingkat keberhasilan melaksanakan panggilan (CSSR, Call Setup Success Rate), tingkat drop call (CCSR, Call Completion Success Rate), dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan panggilan (CST, Call Setup Time). Kualitas bunyi (MOS, Mean Opinion Score) dan kecepatan data alias throughput juga diperhatikan.

Setelah ahad kemudian mengikuti uji jaringan XL di Jogja Uji Jaringan di 10.921 km, Telkomsel Siap Sambut Rafi

Selama perjalanan dari Surabaya hingga perbatasan Jatim dengan Jateng, rombongan melewati 256 BTS 3G dan 83 BTS 4G LTE. Sedangkan semenjak memasuki provinsi Jateng hingga datang di Semarang, rombongan dilayani 173 BTS 3G dan 15 BTS 4G LTE. Jarak total yang ditempuh rombongan mencapai 315 kilometer.

“Dengan uji jaringan itu, kami ingin memastikan seluruh layanan Telkomsel berfungsi baik di sepanjang jalur pulang kampung dan tempat-tempat keramaian ketika bulan rahmat maupun Lebaran,” kata Sukardi Silalahi, Direktur Network Silalahi.

Dia menambahkan, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, selama Rafi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi. Pada puncaknya, kemudian lintas SMS diprediksi mencapai 930 juta SMS dalam sehari. Itu berarti naik lima persen hingga 15 persen dibandingkan hari biasa.

Lonjakan trafik layanan data diperkirakan lebih tinggi. Persentasenya naik hingga 25 persen, menembus kisaran 2.700 terabyte. Sementara itu, layanan panggilan telepon diprediksi justru turun. Bila pada hari-hari biasa jumlah trafik voice call sebesar 1,59 miliar menit, ketika bulan rahmat dan Idulfitri tahun ini bakal menurun menjadi 1,57 miliar menit.

Setelah ahad kemudian mengikuti uji jaringan XL di Jogja Uji Jaringan di 10.921 km, Telkomsel Siap Sambut Rafi

Setelah ahad kemudian mengikuti uji jaringan XL di Jogja Uji Jaringan di 10.921 km, Telkomsel Siap Sambut Rafi

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)