Gadget Smartphone

Xiaomi Redmi 6 Vs Redmi 7 – Yakin Gak Mau Ganti?

June 29, 2019

 Meskipun sudah berdiri di kakinya sendiri Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7 – Yakin Gak Mau Ganti?

Gadgetren – Meskipun sudah berdiri di kakinya sendiri, Redmi masih rajin melanjutkan seri yang sebelumnya di bawah naungan Xiaomi. Salah satunya, mereka telah meluncurkan Redmi 7 di pasar Indonesia.

Redmi 7 merupakan generasi penerus dari seri Xiaomi Redmi 6 yang diluncurkan tahun lalu. Smartphone yang ditujukan untuk kelas entri ini membawa beberapa perubahan yang cukup signifikan dibandingkan pendahulunya tersebut.

Secara garis besar, peningkatan yang dilakukan oleh Redmi pada perangkat tersebut dilakukan pada beberapa aspek, dari mulai desain tampilan sampai kinerjanya. Lebih lengkapnya, berikut ini perbandingannya.

Tabel Perbandingan Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7AspekXiaomi Redmi 6Redmi 7Layar5,45 inci6,26 inciResolusi LayarHD+ (1440 x 720 piksel)HD+ (1520 x 720 piksel)Pelindungn/aCorning Gorilla Glass 5ChipsetMediaTek Helio P70Qualcomm Snapdragon 632GPUPowerVR GE8320Adreno 506RAM3 GB/4 GB2 GB/3 GBMemori Internal32 GB/64 GB16 GB/32 GBMemori Eksternalhingga 256 GBhingga 512 GBKamera Utama12 MP (f/2,2) + 5 MP12 MP (f/2,2) + 2 MPKamera Depan5 MP (f/2,2)8 MP (f/2,0)Baterai3.000 mAh4.000 mAhFiturDual Nano-SIM, Micro USB, Fingerprint, E-Compass, Accelerometer, GPS, AGPS, GLONASS, Beidou, Wi-Fi, Bluetooth 4.2Dual Nano-SIM, Micro USB, Fingerprint, E-Compass, Accelerometer, GPS, AGPS, GLONASS, QZSS, Wi-Fi, Bluetooth 4.2, IR BlasterSistem OperasiMIUI 9 (Android Oreo)MIUI 10 (Android Pie)Perbedaan Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 71. Desain dan Layar

 Meskipun sudah berdiri di kakinya sendiri Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7 – Yakin Gak Mau Ganti?

Redmi 7 hadir dengan lebih kekinian menyerupai Redmi Note 7 yang diluncurkan lebih dulu. Selain membawa gradasi warna yang menarik, perangkat gres ini sudah membawa layar penuh dengan notch kecil di bab atas.

Jika dibandingkan dengan Redmi 6, Redmi 7 sendiri lebih baik. Perangkat ini sudah membawa layar yang lebih besar dengan resolusi yang sedikit lebih tinggi. Perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan pelindung layar Gorilla Glass 5.

2. Performa

 Meskipun sudah berdiri di kakinya sendiri Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7 – Yakin Gak Mau Ganti?

Redmi juga mengatakan peningkatan di sisi kinerjanya. Dengan memakai Snapdragon 632, Redmi mengatakan kinerja yang lebih handal pada Redmi 7, dibandingkan Redmi 6 yang masih mengandalkan� Helio P22.

Secara teknis, Snapdragon 632 memang hanya bisa dipacu sampai 1,8 GHz, yang artinya lebih lambat dibandingkan Helio P22 yang bisa dipacu sampai 2,0 GHz.

Namun, berkat perbedaan intinya, Snapdragon 632 bisa bekerja lebih tangguh dibandingkan Helio P22. Bagi yang belum tahu, Snapdragon 632 telah memakai Kyro 250 Gold (ARM Cortex-A73) dan Kyro 250 Silver (ARM Cortex-A53), sedangkan Helio P22 hanya ARM Cortex-A53.

Dalam penjelasan Xiaomi Indonesia, Redmi 7 bahkan bisa menyentuh angka 53.172 poin pada AnTuTu untuk CPU. Sementara Redmi 6, menurut uji yang pernah kami lakukan, hanya bisa menyentuh 36.820 poin.

Namun hal ini masih uji coba secara sintetis. Secara nyata, kemampuannya juga akan tergantung pada kombinasi RAM dan memori internal yang digunakan, di mana semakin besar tentunya akan semakin baik.

3. Kamera

 Meskipun sudah berdiri di kakinya sendiri Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7 – Yakin Gak Mau Ganti?

Meskipun pada kamera belakang mengalami penurunan resolusi di lensa kedalamannya, kamera depan Redmi 7 mengalami peningkatan yang sangat bagus. Selain mengalami peningkatan resolusi, aperture-nya pun menjadi lebih kecil.

Atau secara sederhana, kamera depan Redmi 7 akan bisa mengambil gambar dengan detail yang lebih baik, serta sanggup dipakai dengan lebih baik ketika kondisi kurang cahaya.

4. Fitur

Jika IR Blaster mangkir di Redmi 6, fitur ini kembali hadir di perangkat gres ini. Artinya, para pengguna bisa memanfaatkan perangkat tersebut sebagai remote TV maupun AC, dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada.

5. Baterai

 Meskipun sudah berdiri di kakinya sendiri Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7 – Yakin Gak Mau Ganti?

Memiliki sumbangan layar yang lebih luas dan chipset dengan manufaktur yang lebih besar, yakni 14 nm, Redmi 7 dibekali dengan baterai berkapasitas lebih banyak dibandingkan pendahulunya.

Sebagai embel-embel informasi, chipset Helio P22 sudah menunjukkan efisiensi yang lebih baik, alasannya yaitu chipset ini dibangun menurut manufaktur 12 nm.

6. Sistem Operasi

Salah satu kelebihan Redmi 7 dibandingkan Redmi 6 juga terletak di sistem operasi yang digunakan. Redmi 7 sudah memakai MIUI 10 berbasis Android Pie, sementara Redmi 6 batal mendapat update ke Android Pie meski sudah mendapat MIUI 10.